Perlengkapan Arung Jeram

Jumat, 07 Maret 2014

Perlengkapan merupakan salah satu prasyarat dalam kegiatan arung jeram. Berbagai macam peralatan dapat digunakan untuk berarung jeram. Beberapa perlengkapan yang di uraikan dibawah ini adalah yang umum di gunakan dalam pengarungan di sungai.
Perahu, Digunakan dalam berarung jeram bukan hanya sekedar yang bisa mengembang. Perkembangan jaman sangat cepat. Perahu di tahun 80an keatas sudah dapat mengeluarkan air secara otomatis (Self Bniling), dapat melakukan manuver dengan sangat cepat, sangat kokoh, mempunyai 4 tabung udara yang akan saling mendukung (bila salah satu tabung bocor). Ukuran perahu karet bervariasi dari 8 sampai 30 kaki. Yang biasa digunakan untuk berarung jeram antara 12 sampai 18 kaki tergantung dari sungai yang akan di arungi.

 Dayung, Ringan kuat sebaiknya berwarna cerah karena jika terlempar ke air akan mudah terlihat. Ukuran dayung tergantung dari ukuran diameter tabung perahu yang digunakan. Dalam setiap pengarungan sebaiknya kita membawa tabung cadangan karena alat ini paling sering hilang atau patah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © 2012 Holy Earth
Template by Protonema | Bloggerized by Themescook | Redesign by Nubito